Catat 5 Manfaat Labu Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

JOURNALISTONDUTY.COM - Berbagai manfaat labu untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi dan diolah dengan benar. Tidak berhenti disitu, manfaat labu juga terbukti oleh berbagai uji klinis. 

Labu kerap diolah menjadi sayuran atau makanan yang enak untuk konsumsi. Selain itu, labu juga memiliki bentuk yang unik dan identik dengan halloween.

Banyaknya manfaat labu untuk kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam labu di antaranya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, fosfor, zat besi dan berbagai nutrisi lainnya.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tak heran mengkonsumsi labu mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Lantas apa saja manfaat labu untuk kesehatan? 

Melansir dari BBC Food, berikut beberapa manfaat labu untuk kesehatan: 

1. Mendukung Kesehatan Kulit 

Labu dikemas dengan nutrisi yang ramah kulit. Di antaranya seperti vitamin C dan E serta beta-karoten yang semuanya memainkan peran penting dan bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Sehingga dengan mengkonsumsi labu mampu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tetap kencang, mencegah tanda penuaan serta melindungi kulit dari sengatan matahari.

2. Menjaga Kesehatan Mata 

Selain baik untuk kulit, lagu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan lagu mengandung vitamin A dan beta karoten yang berperan dalam menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa labu mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya, vitamin C. yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung 

Mengkonsumsi labu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, senyawa dalam labu mampu mengurangi kolesterol jahat, tekanan darah tinggi dan berbagai gejala yang bisa meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

5. Mencegah Kanker

Meskipun tidak ada makanan super yang dapat mencegah kanker dan faktor risiko tertentu untuk kanker. Mengkonsumsi labu setidaknya bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi risiko kanker.  

Pasalnya, labu mengandung sifat antioksidan karotenoid, vitamin A dan E yang semuanya ditemukan dalam labu dapat melindungi terhadap kanker tertentu, seperti kanker payudara.** (Nifa)

Baca Juga :