🔴

Jumat, 31 Mei 2024

Cagar Alam GSK Talang Muandau Terbakar, Tim Gabungan Berjibaku Memadamkan

Cagar Alam GSK Talang Muandau Terbakar, Tim Gabungan Berjibaku Memadamkan

JOURNALISTONDUTY.COM, TALANG MUANDAU – Cagar alam Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil (SM-GSK) yang terletak di Dusun II Tanjung Potai, desa Tasik Tebing Serai, kecamatan Talang Muandau, kabupaten Bengkalis – Riau dilaporkan terbakar, Jumat siang (31/5).

Kebakaran hari pertama itu berada pada koordinat 1°8'10758"N - 101°37'32,088"E dengan luas areal terbakar mencapai 2 hektare yang merupakan hamparan gambut dalam kawasan SM-GSK. Sebagaimana diketahui, cagar alam tersebut termasuk salah satu situs alami yang telah diakui dan terdaftar di UNESCO, karena termasuk dalam kategori paru-paru bumi dan tempat hidupnya keanekaragaman hayati – flora dan fauna, salah satunya Harimau Sumatera.

Oleh karena statusnya sangat strategis dan diakui, tim gabungan TNI-Polri bersama Manggala Agni – KLHK RI, BPBD, Damkar serta pihak swasta nampak berjibaku lakukan pemadaman pada areal yang terbakar. Danramil 03 Mandau, Kapten Arh. Jemirianto menegaskan, pihaknya turut terlibat upayakan pemadaman lewat kinerja Babinsa.

“Untuk membantu proses pemadaman di kawasan SM-GSK, kita langsung kerahkan Babinsa Sertu P. Sinaga, Serda M Fikri, Serda AT. Silaban, Kopda P. Samosir dan Pratu D. Simanungklit meluncur ke lokasi dan bergabung bersama tim lainnya. Proses pemadaman langsung dilakukan dengan penuh sinergitas,” kata Kapten Arh. Jemirianto.

Dijelaskannya, penyebab kebakaran pada kawasan cagar alam itu belum diketahui dan masih dalam penyelidikan Polsek Pinggir.

“Kondisi terakhir titik api sudah padam, kepulan asap sudah tidak terlihat. Untuk betul-betul memastikan api padam sempurna, Babinsa akan terus monitoring wilayah agar kebakaran tak kembali terjadi,” tukasnya. (Bres)

Lihat Lainnya :


TrendingTopic :
© Copyright 2024 | Journalist On Duty