Kopda P. Samosir Gencarkan Sosialisasikan Pencegahan Wabah PMK di Kelurahan Air Jamban

JOURNALISTONDUTY.COM, DURI – Danramil 03 Mandau, Kapten Arh. Jemirianto diwakili Babinsa Kopda P. Samosir tajak patroli kewilayahan untuk meninjau kesehatan hewan ternak jenis sapi sebanyak 50 ekor milik saudara Wanda di lingkungan kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Bengkalis – Riau, Jumat (12/4).

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut dilakukan untuk mencegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dapat menyerang dan menjangkiti hewan ternak warga. Diketahui, wabah tersebut sangat berbahaya bila sampai menjangkiti ternak dan berujung kerugian.

Mencegah hal itu, Kopda Samosir aktif lakukan pemantauan dan bersosialisasi kepada warga dan seluruh peternak yang ada di wilayah binaannya untuk selalu memerhatikan kesehatan ternak, kebersihan kandang dan lingkungan, sumber pakan serta melakukan vaksinasi agar hewan ternaknya lebih kebal terhadap virus dan kuman penyebab penyakit.

“Sepanjang pemantauan kita tidak menemukan adanya hewan ternak yang terjangkit PMK atau penyakit lainnya. Semua sapi milik bapak Anton dalam keadaan sehat,” kata Kopda P. Samosir, wakili Danramil 03 Mandau Kapten Jemirianto.

“Meski PMK tidak terdeteksi, peternak tetap kita imbau untuk selalu cermat memelihara ternaknya dengan pola kebersihan, lingkungan dan pakan yang sehat supaya ternaknya tetap terjaga. Bila adanya indikasi wabah PMK yang dicurigai, warga kita imbau segera melapor ke kita agar dapat dilakukan upaya pencegahan penularan lebih meluas,” tukasnya. (Bres)

Baca Juga :