Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 03 Mandau Gencarkan Patroli Pencegahan di Desa Petani

JOURNALISTONDUTY.COM, DURI – Sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 03 Mandau, Serma. Agusliadi, Serka. Fauzi dan Serka. Nasib Saragih laksanakan instruksi Danramil 03 Mandau Kapten Arh. Jemirianto untuk berpatroli di lingkungan Desa Petani, kecamatan Bathin Solapan, Jumat (22/3).

Patroli digesa pada koordinat 1°17’17” North – 101°4’14” East dengan lingkungan yang merupakan bidang lahan bervegetasi hutan nan rimbun semak belukar.

Titik-titik rawan kebakaran disasar petugas kala itu untuk menciptakan situasi kondusif dari potensi Karhutla. Bila patroli tak digencarkan, kebakaran bisa saja terjadi dan memicu kerusakan lingkungan serta gangguan kesehatan pada masyarakat, utamanya anak-anak.

“Laksanakan petunjuk Danramil 03 Mandau, kita kembali gencarkan patroli pencegahan Karhutla di desa Petani. Wilayah rawan api kita pantau agar potensi kebakaran bisa dicegah dengan baik. Dalam patroli kali ini tidak ditemukan adanya titik panas,” kata Serma Agus, wakili Danramil 03 Mandau.

Selain sekedar berpatroli, pihaknya juga ingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan pertanian ataupun perkebunan dengan cara membakar vegetasi di atasnya karena berpotensi menimbulkan bencana kebakaran yang lebih parah lagi dampaknya.

“Setiap warga kita imbau untuk ikut mencegah Karhutla dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar vegetasi di atasnya. Sama-sama kita wujudkan lingkungan yang hijau, asri dan sehat dengan menjaga alam terbebas dari kebakaran,” tukasnya. (Bres)

Baca Juga :