SMPN 4 Mandau Tajak Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Bulan Bahasa dan Peringatan Sumpah Pemuda

JOURNALISTONDUTY.COM, DURI - Sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 4 Mandau, kelurahan Gajah Sakti, kecamatan Mandau – Duri adakan pagelaran seni dan budaya sempena Bulan Bahasa serta peringatan hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Sabtu (28/10).

Di bawah pimpinan kepala sekolah Vera Imelda, lingkungan pendidikan menengah pertama tersebut libatkan seluruh siswa-siswi dari kelas VII, VIII dan IX guna memeriahkan pagelaran seni dan budaya nan kental paduan bahasa daerah, kearifan lokal, pakaian adat aestetik, serta aneka penampilan mulai dari story telling, puisi, berbalas pantun bahasa daerah, tari-tarian Tor-tor Batak, syair Melayu serta banyak jenis kegiatan lainnya yang diperlombakan antar kelas berujung gemuruh decak kagum.

Penampilan yang paling memukau dan mendapat banyak perhatian tatkala instrumental Gondang Batak bersenandung mengiringi penari Tor-tor yang dilakoni oleh para pelajar. Pagelaran yang awalnya nampak seremonial ini seketika berubah riuh penuh keseruan dan gelak tawa.

Dikonfirmasi, Vera Imelda mengatakan pihaknya tajak kegiatan tersebut setelah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bengkalis, Hadi Prasetyo guna memperkenalkan budaya serta kearifan lokal daerah kepada seluruh pelajar sebagai bekal untuk memperdalam karakter dan wawasan terkait kekayaan yang dimiliki Indonesia sebagai Negara yang dihuni sekira 270 juta jiwa dengan beragam agama, etnik, bahasa, kultur serta budaya yang dilebur indah dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

“Walau berbeda-beda dan beragam latar belakang, namun kita semua tetap satu tujuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan Pancasila sebagai dasar Ideologinya. Tentunya kegiatan ini kita laksanakan setelah berkoordinasi dengan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis dan atas support dari beliau,” kata Vera Imelda, kepala SMPN 4 Mandau.

Pada kegiatan itu pula, ia mengajak seluruh pelajar untuk lebih semangat menggapai masa depan dengan menorehkan prestasi di masa muda, utamanya saat masih menimba ilmu di bangku sekolah. Vera berharap lewat kegiatan tersebut, seluruh pelajar di sekolah itu bisa lebih semangat dan segar dari kepenatan yang ada, serta menjadi cikal-bakal pemuda-pemudi yang mampu menakhlukkan tantangan masa depan.

“Dan tentunya kegiatan ini juga kita gelar sebagai ajang penyegaran bagi guru dan anak-anak kita, jadi kita harap kedepan proses belajar-mengajarnya bisa lebih semangat dan penuh prestasi. Kita sangat berharap anak-anak kita semua bisa menjadi calon pemuda-pemudi yang sukses, berkarakter, beriman, beradab serta mampu menakhlukkan tantangan di masa depan. SMP Negeri 4 Mandau akan selalu siap berinovasi dalam mewujudkan siklus Merdeka Belajar yang produktif dan menyenangkan bagi anak-anak kita,” tukasnya. (Bres)

Baca Juga :