Warga Boncah Mahang dapat Layanan Kesehatan Gratis dari Bakes TMMD Bengkalis

JOURNALISTONDUTY.COM, BATHIN SOLAPAN – Bintara Kesehatan TNI Manunggal Membangun Desa (Bakes TMMD) ke-118 wilayah Kodim 0303 Bengkalis, Serma Atari Nasution beri layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga di Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, Minggu (24/9).

Layanan kesehatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan non-fisik dalam program TMMD yang digalakkan paramedis TNI untuk mendeteksi dini riwayat penyakit yang diidap oleh warga guna diberi rujukan berobat ke fasilitas yang lebih memadai bila diperlukan.

Pada kesempatan itu, Serma Atari nampak memeriksa kesehatan Sugeng (55), Kamisa (54) dan Nurhayati (65). Ketiga warga lanjut usia tersebut diperiksa mengingat daya tahan tubuhnya bisa saja menurun tersebab faktor usia.

Benar saja, hasil pemeriksaan ketiganya diketahui adanya riwayat Hypertensi atau tekanan darah tinggi, alergi dan gatal-gatal pada kulit. “Untuk yang riwayat tekanan darah tinggi, kita sarankan untuk segera kontrol ke fasilitas kesehatan terdekat agar segera diberikan penanganan medis dan obat yang lebih bagus. Bila dibiarkan, warga yang alami hypertensi bisa terkena stroke atau bahkan serangan jantung. Oleh karena itu, kita deteksi sejak dini supaya lebih tahu bagaimana penanganannya,” kata Serma Atari.

“Terkhusus untuk warga yang alergi dan gatal-gatal pada kulit, kita anjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau obat yang reaktif pada tubuh. Menjaga pola hidup bersih juga penting dan kita suluhkan agar kesehatan warga tetap terjaga di masa tuanya,” tukasnya. (Flx)

Baca Juga :