Sempena TMMD ke-118, Rumah Reot Milik Warga Boncah Mahang Bakal Dibedah

JOURNALISTONDUTY.COM, BATHIN SOLAPAN – Nurhayati (53), seorang ibu rumah tangga di Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis – Riau tersenyum lega. Ia sangat bersyukur lantaran rumah reot miliknya bakal diperbaiki bahkan dibangun lebih bagus dan layak dihuni sempena program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 wilayah Kodim 0303 Bengkalis, Sabtu (23/9).

Sebelum ini, ia nyaris putus asa lantaran memiliki riwayat penyakit yang telah berkomplikasi. Namun saat satuan tugas (Satgas) TMMD menghampiri kediamannya, semangatnya perlahan pulih. Benar saja, jajaran Satgas yang dipimpin Danposramil Bathin Solapan Letda. Arh. Sinaga bersama Dan SSK TMMD Letda. Arh. Sumaryono, Bati Bakti Sertu T. Samosir, Babinsa Sertu Awalludin dan Sugeng selaku ketua RT terpantau menelisik kediaman keluarga yang jauh dari kesan layak huni tersebut.

Sejenak mengelilingi rumah reot yang berdiri diatas sebidang lahan berukuran 20×20m² tersebut, nampak keadaan yang sangat memprihatinkan dengan kondisi dinding yang terbuat dari anyaman bambu bahkan sebagian hanya berlapis karung plastik, lantai masih beralaskan tanah, banyak titik kebocoran atap serta kamar mandi darurat berdindingkan terpal.

Keadaan ini terbilang jauh dari kata layak, oleh karena itu Dansatgas TMMD ke-118, Letkol. Arh. Irvan Nurdin bersepakat untuk membedah kediaman tersebut agar menjadi lebih layak ditinggali Nurhayati dan keluarganya.

“Ya memang secara legalitas memenuhi syarat, itu rumah sendiri, ada suratnya dan tidak sedang diagunkan ke Bank. Lebih dalam, kondisinya memang tidak layak untuk ditempati. Kalau hujan, atap bocor. Dinding dari anyaman bambu dan karung plastik jelas tidak mumpuni. Apalagi lantainya masih tanah, inilah yang kemudian menggerakkan hati kita untuk mendata kediaman beliau guna dibahas terkait pembedahan menjadi rumah yang lebih layak huni,” kata Dansatgas TMMD ke-118 wilayah Kodim 0303 Bengkalis, Letkol Irvan Nurdin.

Setelah pembahasan panjang, rencana pembedahan mencapai titik sepakat. Plang informasi rencana rehap rumah tidak layak huni pun ditancapkan di depan kediaman tersebut. Dan hari ini, tim Satgas mulai membongkar beberapa bagian rumah yang bakal diperbaiki.

Seraya itu, material fisik bangunan pun telah dipesan dan berangsur ditempatkan di lokasi tersebut. “Akan segera dikerjakan, kita harap situasi mendukung agar bedah RTLH-nya dapat selesai tepat waktu dan sesuai bestek. Semoga ibu Nurhayati dan keluarga mendapat manfaat dari program ini, kedepan kita harap rumahnya bisa lebih layak huni dan bersanitasi lebih elok,” harapnya.

“Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat dan pemerintah setempat agar rencana ini terlaksana dengan baik, bahkan menjadi contoh baik yang dapat ditiru oleh masyarakat yang mungkin lebih mampu ekonominya untuk saling membantu sesama,” tukasnya. (Flx)

Baca Juga :