Satgas TMMD dan Gudep Pramuka Bersihkan TPU Muslim Wujud Pelestarian Kearifan Lokal

JOURNALISTONDUTY.COM, BATHIN SOLAPAN – Wujud melestarikan budaya dan kearifan lokal yang hidup dan tumbuh di tengah masyarakat Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis – Riau, satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Ke-118 wilayah Kodim 0303 Bengkalis bersama gugus depan Pramuka SMKN 3 Mandau bersihkan taman pemakaman umum (TPU) Muslim di Simpang Puncak, Sabtu (23/9).

Kegiatan tersebut dipimpin Dan SSK Letda. Arh. Sumaryono bersama Provost Serda Hanoto, Serda Surya Pratama, Praka Hendra Kusuma dan 15 anak pramuka. Karya bhakti ini dilaksanakan sebagai wujud pelestarian kearifan lokal untuk terus menjadikan TPU lebih asri, bersih dan nyaman terhadap para keluarga atau masyarakat yang berkunjung untuk berziarah.

“Sebagai wujud melestarikan kearifan lokal di sekitar lokasi berlangsungnya kegiatan TMMD tahun ini, kita bersama anak-anak pramuka lakukan pembersihan TPU supaya lebih bersih dan elok dipandang. Dengan kebersihan yang terjaga, stigma seramnya kuburan bisa hilang, dengan demikian setiap warga yang datang untuk nyekar bisa lebih nyaman,” kata Dan SSK TMMD ke-118, Letda Sumaryono.

“Dan dengan ini pula, kita harapkan aksi yang kita jalankan bisa menjadi contoh baik dan terus digalakkan oleh masyarakat. Sehingga keberlanjutan pelestarian kearifan lokal bisa terus terjaga sebagai bukti sejarah peradaban masyarakat di Negeri Junjungan ini,” tukasnya. (Flx)

Baca Juga :