Satgas TMMD Bengkalis jadi Pembina Upacara di SMKN 3 Mandau

JOURNALISTONDUTY.COM, BATHIN SOLAPAN – Untuk memberi contoh dan keteladanan, serta disiplin terhadap para pelajar, Komandan SSK TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 wilayah Kodim 0303 Bengkalis, Letda. Arh. Sumaryono pimpin Upacara Bendera di SMK Negeti 3 Mandau, Desa Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan, Senin (25/9).


Bertindak sebagai pembina upacara, Letda Sumaryono serukan semangat belajar dan disiplin yang tangguh kepada seluruh pelajar. Majelis guru yang hadir turut mendukung hal tersebut.


“Adik-adik sekalian sudah ada di tingkat atas, harus bersiap untuk dunia yang lebih keras. Siapkan mental, ilmu dan kedisiplinan diri. Karena orang yang dapat menakhlukkan tantangan di masa depan bukanlah orang yang pintar, tapi orang yang cerdas. Cerdas mengatur diri, cerdas emosional, cerdas intelektual dan cerdas menilai peluang,” seru Dan SSK TMMD.


Kedisiplinan, kata dia, merupakan pola kerja sama antara hati dan pikiran untuk dapat melahirkan sikap menahan diri akan sesuatu dan harus bergiat untuk mencapai sesuatu. “Contoh, kalau ada uang jajan lebih silahkan ditabung. Karena nanti kalau ada keperluan mendesak, kita tidak bisa selalu bebankan kepada orangtua. Itulah pentingnya kita menahan diri untuk tidak boros. Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,” kelakar Sumaryono berbagi kesan.


“Dan satu hal lagi, bergiatlah untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan. Contoh, kalau mau langsung kerja setelah tamat dari sekolah ini, maka kuasailah hardskill dan softskill yang selama ini diajarkan oleh Bapak dan Ibu guru supaya adik-adik punya bekal untuk diterapkan pada dunia kerja atau industri. Begitu juga kalau ada niat dan kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke ranah kampus, harus bisa menguasai bidang, jadi fokus ke jurusan yang lebih dikuasai ketimbang ikut-ikutan atau bahkan salah jurusan. Adik-adik harus bijak menguasai dan mengendalikan diri. Jangan sampai terbawa arus, harus bisa berdiri di atas tekat sendiri,” pesannya. (Flx)

Baca Juga :