Kualitas jalan Sejahtera Ditingkatkan sempena TMMD ke-118

Peningkatan jalan Sejahtera, Desa Sebangar | Foto: Flx

JOURNALISTONDUTY.COM, BATHIN SOLAPAN – Sempena program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 tahun anggaran 2023, Kodim 0303 Bengkalis tingkatkan kualitas jalan Sejahtera yang merupakan titik sasaran II pekerjaan fisik di Desa Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis – Riau.

Pantauan siang ini, Kepala Staf Kodim 0303 Bengkalis, Mayor Arh. Sudiyono didampingi Pasiops Kapten Czi. Suratmin dan Danramil 03 Mandau Kapten Arh. Jemirianto nampak meninjau lokasi tersebut, Senin (18/9).

Sebagaimana terlihat di lokasi, rencana peningkatan jalan berwujud base bervolume 583m × 4,5m × 0,15m telah dimulai dengan pembersihan permukaan tanah. Benar, jalan tersebut masih merupakan tanah merah nan lengket alias berlumpur saat musim hujan dan penuh debu saat kemarau.

Jalan tersebut merupakan akses pintas bagi masyarakat di perkampungan Simpang Puncak, Desa Sebangar bila hendak menuju ke Kantor Camat Bathin Solapan. “Kalau warga Simpang Puncak menuju kantor kecamatan lewat jalan ini, bisa hemat jarak tempuh sekitar 10 kilometer. Namun ya beginilah keadaannya, jalan sangat hancur. Oleh karena itu, kita tajak lokasi ini menjadi titik sasaran II pekerjaan fisik TMMD ke-118 tahun anggaran 2023 yang saat ini sedang masuk tahapan pra-TMMD,” kata Mayor Sudiyono, wakili Dandim Bengkalis Letkol. Arh. Irvan Nurdin.

Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan kaum pekerja sangat bergantung pada jalan tersebut meskipun keadaannya sangat genting. Itulah sebabnya Dandim dan jajaran tajak peningkatan jalan lewat program TMMD di jalan Sejahtera.

“Saat ini (jalan Sejahtera) sudah mulai dibersihkan dan dipadatkan permukaannya. Rencana kerjanya memang akan di-base, jadi lebih aman bila dilewati dan akan mengkoneksikan antar desa ke desa dengan lebih hemat jarak serta waktu,” ujarnya.

“Untuk saat ini, kita masih terus upayakan pengerasan permukaan jalan agar nantinya material yang ditebar bisa merata. Progresnya sampai hari ini sekira 21 persen. Semoga cuaca mendukung, jadi alat berat yang kita kerahkan bisa bekerja maksimal untuk memadatkan dan meratakan jalan,” tukasnya. (Flx)

Baca Juga :