Jelang Penebaran Material Base, Jalan Sejahtera Dipadatkan

CENTRALNEWS.ID, BATHIN SOLAPAN – Komandan Koramil 03 Mandau, Kapten Arh. Jemirianto wakili Komandan Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Dansatgas TMMD) ke-118, Letkol. Arh. Irvan Nurdin meninjau proses pengerasan permukaan jalan Sejahtera, Kamis (21/9).

Menggunakan material tanah timbun, jalan tersebut dikeraskan agar permukaannya lebih padat jelang ditebarnya material base sebagai bahan pengeras. Truk demi truk tanah diangkut dan dibongkar pada beberapa titik jalan yang belum solid, setelahnya unit dozer dikerahkan untuk meratakan materi pemadat sekaligus memperkuat struktur tanah.

“Titik sasaran fisik II ini berupa peningkatan kualitas jalan. Kondisi awal, jalan ini sangat lunak dan berlumpur. Oleh karena itu langkah pengerasan kita optimalkan lebih dahulu sebelum material base kita tebar di jalan Sejahtera,” kata Kapten Jemirianto, wakili Dansatgas TMMD.

Dia menjelaskan bila seluruh permukaan jalan telah mengeras dan tak lagi berlumpur, barulah material base di-drop ke lokasi dan kemudian diratakan serta dipadatkan kembali menggunakan alat khusus. “Kalau jalan dasar sudah kuat, baru kita timpa pakai material base. Jadi lebih tepat sasaran dan tidak (terkesan) boros material. Sampai sore ini, proses pemadatan masih dilanjutkan,” tukasnya. (Flx)

Baca Juga :