Gigih, Babinsa Koramil Rupat dan Masyarakat berhasil Sulap Lahan Tidur jadi Kebun Sayur Kangkung

JOURNALISTONDUTY, RUPAT - Babinsa Koramil 04 Rupat - Distrik Militer 0303 Bengkalis, Koptu Erwinsyah terbilang berhasil mewujudkan pembinaan teritorial yang produktif dengan menyulap sebidang lahan tidur berukuran 100M² di jalan Mesjid, Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Bengkalis - Riau menjadi kebun sayuran jenis kangkung.

Kegigihan sang Babinsa menampakkan hasil ketika 1 kilogram bibit kangkung yang dibelinya tumbuh subur pada bedeng-bedeng tanah yang digarap Koptu Erwinsyah bersama masyarakat guna menumbuhkan peluang ekonomi di wilayah tersebut.

Danramil 04 Rupat, Kapten. Inf. Tarman menegaskan kinerja tersebut dilakukan untuk membantu menopang sendi perekonomian masyarakat, memberikan contoh peluang usaha sektor bercocok tanam sekaligus menekan dampak inflasi pada sektor niaga tradisional maupun pasar modern.
“Dengan menggarap lahan tidur dan melibatkan masyarakat, Babinsa kita turut menciptakan peluang usaha agribisnis yang dapat ditiru oleh masyarakat. Dengan modal yang terbilang terjangkau, kebun kangkung sudah bisa digarap dengan metoda pertanian sederhana. Perawatannya pun tidah susah, cukup memastikan pasokan air dan kesuburan tanah, bibit yang ditanam akan tumbuh subur,” kata Kapten Tarman.

Upaya itu, juga kata Tarman, merupakan tindak lanjut instruksi Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto guna mewujudkan kemandirian pangan rangka program 1.000 hektare lahan ketahanan pangan di Negeri Junjungan.
Oleh sebab itu, pihaknya gencarkan sinergitas dan ide-ide kreatif para Babinsa untuk membina masyarakat dan menciptakan peluang usaha di bidang perkebunan ataupun pertanian agar masyarakat turut mendapat manfaat dari segi ekonomi maupun wawasan terkait teknik berkebun.

“Selain mendapat keuntungan produktif, masyarakat juga mendapat ilmu bercocok tanam yang bisa diterapkan di rumah masing-masing. Sebab untuk menanam kangkung, tidak melulu membutuhkan lahan yang bidang. Pekarangan rumah yang terbatas juga bisa dimanfaatkan, jadi lebih produktif dan bisa menambah pundi-pundi rupiah,” ungkapnya.

“Ini merupakan wujud nyata kontribusi TNI Angkatan Darat hadir di tengah masyarakat, mengatasi kesulitan yang dialami dan memberikan solusi jitu. Semoga apa yang Babinsa kita terapkan di masyarakat bisa menjadi contoh baik dan membangun kemajuan,” tukasnya.**

Baca Juga :