Babinsa Koramil 03 Mandau Donorkan Darah Bantu Pasien Blooding Pasca Operasi Sesar

Serda Awaludin donorkan darah di RSUD Mandau | Foto: Flx
JOURNALISTONDUTY, DURI – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03 Mandau, Distrik Militer 0303 Bengkalis, Serda Awaludin ringankan langkah menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Duri setelah mendengar adanya seorang pasien yang membutuhkan donoran darah tersebab Blooding atau pendarahan pasca tindakan Seksio Caesarea (SC), Selasa (13/6).

Adalah Rohaina (38), pasien dengan riwayat persalinan tersebut alami pendarahan pasca operasi dan sangat membutuhkan bantuan dari pendonor yang memiliki golongan darah A+ (Plus). Merasa memenuhi kriteria, Serda Awaludin segera berkoordinasi kepada Komandan Rayon Militer 03 Mandau, Distrik 0303 Bengkalis, Kapten. Arh. Jemirianto.

“Setelah berkoordinasi dengan Bapak Danramil dan juga didukung penuh oleh Dandim 0303 Bengkalis, Bapak Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto, saya segera ke RSUD untuk mendonorkan darah,” kata Serda Awaludin.

Setibanya di RSUD, ia lebih dahulu mengarah ke ruang Laboratorium guna memeriksakan kondisi tubuhnya sebelum dilakukannya pendonoran. Saat tim medis menyatakan fisiknya prima, jarum suntik pun ditancapkan ke nadi Awaludin guna mengalirkan darah prajurit TNI Angkatan Darat tersebut ke dalam wadah berupa kantong darah.

Dalam posisi berbaring terlentang, Serda Awaludin tampak sadar dan semangat. Total sebanyak 2 kantong sesuai permintaan tim medis berhasil didonorkan sang Babinsa guna kepentingan pertolongan pertama kepada pasien tersebut. “Sesuai permintaan, dua kantong kita donorkan. Kondisi pasca donor stabil dan sehat,” ungkap dia.

Darah yang terkumpul segera ditransfusikan kepada Rohaina. Berkat bantuan sang Babinsa, pasien yang baru saja menjalani tindakan operasi SC untuk melahirkan bayi laki-lakinya itu berangsur membaik. Melihat pulihnya kesehatan Rohaina, Serda Awaludin bahagia.

Pasca donor darah, Serda Awaludin temui pasien | Foto: Flx

Darah prajurit TNI Angkatan Darat yang mengalir dalam nadinya berhasil membuat pasien tersebut tetap sadar dan dapat menemani sang buah hati. Di ruang perawatan, Rohaina sampaikan terima kasih mendalam kepada Sersa Awaludin dan disambut senyuman nan tulus prajurit Kodim 0303 Bengkalis jajaran Koramil 03 Mandau tersebut.

“Pasca mendonorkan darah, saya langsung menjumpai pasien ke ruang rawat inapnya. Saya lega, pasien sudah berangsur membaik dan sadar. Saat saya jumpai, beliau sampaikan ucapan terima kasih banyak. Saya tegaskan, bahwa mengatasi kesulitan yang dialami oleh masyarakat adalah tugas prajurit TNI Angkatan Darat,” ujarnya.

Pasca perbincangan singkat dengan pasien, Serda Awaludin berpamitan dan beranjak kembali ke markas. Aksinya kala itu disambut baik Dandim Bengkalis dan Danramil 03 Mandau. “Aksi heroik, layak dicontoh untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di bidang kesehatan,” ungkap bangga Letkol Endik terhadap aksi prajuritnya.

Pun demikian Kapten Jemirianto, Danramil 03 Mandau turut acungi jempol dan meminta seluruh jajarannya untuk dapat menebar kebaikan dengan respon yang cepat. “Sesuai dengan instruksi Komandan Kodim 0303 Bengkalis, kita dituntut cepat tanggap dalam membantu masyarakat. Hal itu pula yang kita tanamkan dalam diri prajurit serta Babinsa Rayon Militer 03 Mandau,” tegas Kapten Jemi. (Flx)

Baca Juga :