TMMD ke-118 di Wilayah Kodim 0303 Bengkalis Resmi Ditutup

JOURNALISTONDUTY.COM, BATHIN SOLAPAN – Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di wilayah Kodim 0303 Bengkalis secara resmi ditutup oleh Danrem 031/Wira Bima Brigjend. TNI. Dany Rakca, Kamis (19/10).

Program yang dimulai sejak 20 September lalu ini resmi berakhir dengan hasil terlaksananya sejumlah agenda pembangunan infrastruktur vital di wilayah desa Sebangar dan Boncah Mahang, kecamatan Bathin Solapan.

Mulai dari pembuatan dua unit box culvert, peningkatan kualitas dua bidang jalan, rehabilitasi bangunan mushalla, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) hingga segudang kegiatan lainnya baik fisik maupun non-fisik dilaporkan rampung 100 persen (%) dan berdampak baik bagi masyarakat.

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat kemudahan akses bermobilitas serta berbagai penyuluhan yang ditajak, program tersebut juga dinilai sangat membantu pemerintah daerah kabupaten Bengkalis dalam menyokong kemajuan daerah dalam bidang pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia, pendidikan, kesehatan serta berbagai aspek lainnya yang dirasa sangat memberi manfaat luas.

Sepanjang pelaksanaannya, TMMD ke-118 ini akhirnya sampai di ujung waktu. Danrem 031/WB pun secara resmi memimpin upacara penutupan yang dipusatkan di Posko TMMD wilayah Kodim 0303 Bengkalis di halaman kantor kecamatan Bathin Solapan, desa Sebangar.

Dalam acara penutupan tersebut Danrem membacakan amanat Pangdam I/Bukit Barisan Mayjend. TNI. Mochammad Hasan selaku pengendali kegiatan operasi TMMD yang menghaturkan terima kasih kepada seluruh pihak meliputi Bupati Bengkalis, unsur Forkopimda serta semua pihak yang telah membantu terselenggaranya giat TMMD Ke-118 dengan aman, lancar serta sesuai dengan harapan.

“Adapun sasaran TMMD Ke-118 yang sudah kita selesaikan agar senantiasa dijaga dan dipelihara agar usia pakai dan manfaatnya dapat dinikmati masyarakat dalam kurun waktu yang cukup lama. Disamping itu, satgas juga telah menyelesaikan sasaran giat non-fisik berupa penyuluhan dan bimbingan bagi pelajar dan masyarakat yang sangat berdampak positif untuk membangun karakter bangsa yang akan mendorong terciptanya kemandirian bangsa,” kata Danrem.

Dia menjelaskan, program fisik dan non-fisik TMMD yangbtelah terlaksana diharap memberikan landasan kehidupan yang selaras dengan kehidupan dan cita-cita berbangsa dan bernegara, yaitu mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kebersamaan yang sudah lama dibangun, ujarnya, merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa pada masa ini, salah satunya adalah dengan membantu Pemda dan Pemko dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasikan program yang dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

“Oleh karena itu, senantiasa pelihara semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong-royong serta kepercayaan diri dlm kehidupan agar Kemanunggalan TNI-Rakyat selalu terjaga dan terbina. Pada hari ini Kamis tanggal 19 Oktober 2023 pukul 00.00 WIB, TMMD Ke-118 secara resmi saya nyatakan ditutup, semoga Tuhan yang Maha Esa selalu melimpahkan Rahmat dan HidayahNya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama,” tutur Danrem menutup resmi TMMD ke-118 di wilayah Kodim 0303 Bengkalis.

Usai upacara penutupan, Danrem beserta rombongan didampingi Dandim 0303/Bengkalis, Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bengkalis Bagus Santoso, Kadis Perkim serta seluruh pihak terkait lainnya nampak meninjau sasaran fisik I, II dan bedah RTLH.

Turut hadir dalam acara itu,Kapolres Bengkalis, diwakili Kabagops Kompol. Oka Mahendra, Plt. Kasat Pol PP Bengkalis Hengki Irawan, Kepala OPD lingkup Bengkalis, Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Dilingkungan Pemkab Bengkalis, ASN di lingkungan Pemkab Bengkalis, Danposal Bengkalis Letda Laut (E) Nur Johan, Camat Bathin Solapan, M. Rusydy MR, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay, Camat Talang Muandau Risky Afriandy, Camat Siak Kecil Syahnan Adi Kusuma, Kades Sebangar M. Vicky, para anggota TNI dan ratusan tamu undangan serta seluruh orangtua asuh. (Bres)

Baca Juga :